Akan Kembali pada Indonesia, Franco Hita Menawarkan Program Sepak Bola ala Argentina

Posted on

Malang – Bekas penyerang Arema FC, Franco Hita tengah meniti jalan untuk kembali pada Indonesia. Bukan untuk pemain, tetapi pelatih.

Sekarang ini, ia telah menggenggam lisensi kepelatihan sama dengan Pro License AFC. Setahun paling akhir ia membuat program dengan rekannya, Carlos Alberto Gomez (bekas pemain Perseman Manokwari). Paling baru, bekas penyerang Persebaya serta Borneo FC, Fernando Soler masuk untuk mengangkat program itu.

“Saat ini telah membuat program dengan partner saya Carlos Gomez. Saat ini Soler masuk. Kami siap bila harus presentasi untuk PSSI atau club. Sebab program ini untuk pemain umur muda. Jadi hari esok tim nasional atau club,” kata Hita.

Program itu memang tidak dapat diterangkan dengan cara detil ke media. Ia ingin semakin dahuulu memberi presentasi langsung di Indonesia.

“Untuk sesaat masih belumlah ada komunikasi dengan PSSI atau club di Indonesia. Tetapi saya percaya program ini sesuai dengan di Indonesia. Sebab program ini digunakan di Argentina untuk melahirkan beberapa pemain muda. Karenanya, Argentina tidak lakukan naturalisasi pemain. Dengan cara situasi ekonomi serta penduduknya, Argentina sama juga dengan Indonesia. Jadi saya percaya Indonesia dapat jalankan program ini,” tambahnya.

Penyerang yang sempat bela Persita Tangerang serta Partner Kukar ini memberikan tambahan, Indonesia punyai materi pemain muda yang bagus. Punyai kecepatan serta kemampuan. Tinggal membuat keyakinan diri serta pandangan taktik semakin dalam saja.

“Dalam promo program saya ini, ada Pablo Aimar (bekas pemain tim nasional Argentina) yang turut bicara. Saat ini jadi pelatih Tim nasional Argentina U-17. Ia sempat juga bermain di Malaysia. Jadi tahu semacam apa sepak bola di Asia Tenggara,” tuturnya.

Indonesia Dapat Suskes Tanpa ada Naturalisasi

Sekarang ini, Hita terus ikuti perubahan sepak bola Indonesia. Ia juga paham beberapa pemain asing yang bela tim nasional dengan status naturalisasi.

Ia suka beberapa temannya seperti Esteban Vizcarra sekarang jadi pemain Indonesia. Andaikata di eranya bermain Indonesia lakukan kebijaksanaan naturalisasi, Hita benar-benar ingin jadi masyarakat Indonesia.

Tetapi langkah naturalisasi itu dipandang instant. Sesaat untuk bikin tim nasional yang kuat, perlu proses.

“Jika ingin prestasi kedepan, harus mencari pemain muda untuk hari esok dari saat ini. Saya ketahui ada program Garuda Select saat ini. Tetapi kelak harus ada pertandingannya . Mudah-mudahan program saya cepat didengar serta saya dapat selekasnya kembali pada Indonesia,” tegasnya.

Soler Gabung Jadi Trio Pelatih Argentina

Masuknya Fernando Soler bersama-sama Franco Hita serta Carlos Gomez sebab persamaan misi. Sudah diketahui, Soler sempat juga jadi asisten pelatih Persib Bandung pada musim 2018.

Berarti, ia benar-benar mengenali sepak bola Indonesia. Saat ini ia ada di Argentina untuk memperdalam program itu.

“Kami semua dapat juga berbahasa Indonesia. Semakin lebih gampang memberi perintah pada pemain Indonesia dalam bahasa yang sama. Fernando Soler saat ini telah masuk dengan kami untuk memajukan pemain sepak bola muda Indonesia,” tegas Hita.

Sekarang mereka menanti peristiwa serta club atau PSSI bila ingin memulai dialog program itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *